Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Kompetisi Sepak Bola di Bulan Puasa

Sabtu, 25 April 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 114 Kali

 

Kompetisi Sepak Bola di Bulan Puasa 
Oleh :Rahmat Hidayat, S. Pd
(Wali Kelas 9 Baghdad SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang)

 

Ramadhan, adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, dimana allah buka selebar-lebarnya pintu syurga, dan ditutup pintu neraka, agar orang-orang berlomba-lomba dalam menggapai keridhoan allah subhanahu wa ta’ala.
Ada tiga tahapan yang pernah rosulullah sabdakan tentang keutamaan dan peringatan dibulan ramadhan,
وهو شهر أوله رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار (رواه أبن خزيمة )
Ramadhan adalah bulan yang awal nya rahmat, tengah-tengah ya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah pembebasan dari neraka (HR Ibnu Huzaimah).

Bulan ramadhan mempunyai 3 tahapan, yang pertama “awwaluhu rohmah”, yakni di tanggal 1-10 ramadhan, Allah membuka selebar-lebarnya pintu rahmat dan kasih sayang-Nya. Maka sudah pasti di awal-awal ramadhan, orang sedang giat-giatnya berpuasa seharian, tarawihan, tilawah Al Qur’an, masjid-masjid pasti penuh sampai ke halaman. Ibaratkan dalam sebuah kompetisi sepak bola, awal ramadhan seperti di babak penyisihan, penonton di setiap tribun akan penuh berdesakan, dan para pemain dari setiap tim, pasti akan bermain dengan sangat baik agar bisa lolos ke babak berikutnya.

Di tahapan yang kedua, yakni “ausatuhu maghfiroh”, yakni pertengahan ramadhan di tanggal 11-20 ramadhan, allah berikan ampunan kepada orang yang berpuasa, kenapa Allah berikan bonus berupa Ampunan di pertengahan ramadhan? Karena dipertengahan inilah, kebanyakan semangat di awal ramadhan mulai mengendor, yang awal ramadhan shof tarawih sampe ke pelataran, di pertengahan ramadhan biasanya akan mengalami kemajuan shof. Iyah kemajuan shof, karena barisan sudah tidak sampai lagi kebelakang karena sudah mulai ditinggalkan. Di pertengahan ramadhan ini, adalah perumpamaan babak 8 besar, dimana hanya tim-tim tangguh yang bisa masuk ke babak selanjutnya.

Tahap ketiga, “waakhiruhu itqun min annar”, yakni allah berikan kebebasan dari api neraka. Begitu Agung anugerah yang Allah berikan pada hari-hari terakhir bulan ramadhan tanggal 21-30. Karena di detik-detik akhir inilah konsentrasi ibadah mulai goyah, orang-orang akan lebih suka beri’tikaf di plaza dan pusat perbelanjaan ketimbang di tempat peribadahan, orang-orang akan sibuk memikirkan THR tunjangan hari raya, lupa memikirkan THR Tadabbur Hikmah Ramadhan. Dan dipekan terakhir ini ibarat babak final, hanya tim dengan pemain kuat, dan strategi yang hebat yang bisa menjadi pemenang. Perlu kita ketahui bersama,
ليس العيد لمن لبس الجديد
Bahwa hari kemenangan bukanlah hari dimana orang bisa memakai baju baru,
ولكن العيد لمن طاعته تزي د
Akan tetapi hari kemenangan, adalah orang-orang yang bertambah ketaatan pada Allah dengan menggebu.
Ayo sama-sama kita siapkan diri kita untuk bisa kuat dalam menjalankan ibadah puasa, atur strategi hebat dalam menjalankan ibadah puasa, agar dibulan ramadhan kali ini tidak hanya dapat lapar dahaga saja, jangan lewatkan momen ramadhan dengan percuma begitu saja. Semoga kita bisa menjadi juara di bulan ramadhan, dan meraih kemenangan.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ali Rahmat

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ…

Selengkapnya