Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Sekolah Al Irsyad Karawang Terpilih Sebagai Tempat Diselenggarakannya Sosialisasi  Kesiapan Bersekolah oleh Kemdikbud

Selasa, 10 Nopember 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 83 Kali

ALISKA NEWS (IR),-

Pada Sabtu (07-11), Sekolah Al Irsyad Karawang menjadi tuan rumah sosialisasi program kesiapan bersekolah oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Bertempat di aula SkyBridge gedung Al Irsyad, sosialisasi dihadiri oleh perwakilan Kepala Sekolah, Guru, dan walimurid dari sekolah-sekolah di Kabupaten Karawang yang telah ditunjuk, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Acara sosialisasi yang digelar secara offline ini turut ditayangkan secara live Zoom yang diikuti oleh seluruh manajemen sekolah se-Indonesia. Kegiatan ini menjadi momen bersejarah yang penting dalam mempersiapkan langkah kesiapan bersekolah pascapandemi. Apalagi, sebagai sekolah terbaik dan favorit, Al Irsyad Karawang sukses menjadi teladan cluster sehat dalam program Adaptasi Kebiasaan Kerja Baru (AKKB) (Radar Karawang, 27-10).

Secara resmi acara ini dibuka oleh Ibu Imas Masitoh, M.Pd, Kepala Dinas PAUD Dikmas. Dalam sambutannya, Ibu Imas menyampaikan pesan kepada sekolah-sekolah di Karawang, khususnya sekolah PAUD untuk tetap menyelenggarakan pendidikan yang ramah terhadap anak meski dilaksanakan secara daring.

Adapun pembicara utama kegiatan ini adalah Dr. Delila Saskia Puspitarona, M.Pd., Ketua YMBP dan Co-Founder Edufincy (Yayasan Manzila Bhaki Persada dan Edufincy). Dr. Delila menyampaikan bagaimana kesiapan bersekolah menjadi program strategis sebelum para pelajar di Indonesia kembali belajar secara tatap muka di sekolah jika kondisi sudah kondusif. Lebih lanjut, Dr. Delila menstimulus agar semua sekolah di Indonesia, terutama pendidikan anak usia dini (PAUD), dasar dan menengah, bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam mengawal tercapainya tujuan pendidikan nasional. “Dalam situasi pandemi seperti ini, dibutuhkan kesiapan semua manajemen di sekolah sehingga dapat menjamin keberlangsungan program pendidikan yang diselenggarakan,” pungkasnya.

Pembicara kedua, Ibu Azizah Muis—akademisi dan dosen PAUD Universitas Negeri Jakarta—menjelaskan pedoman lengkap dan atribut (tool) pendukung dalam mengawal kesiapan bersekolah (https://tinyurl.com/PedomanKesiapanBersekolahPAUD). Menurutnya, pendidikan saat ini perlu upaya pendekatan yang spesial sehingga anak-anak tidak merasa tertekan dan hilang motivasi. Beliau memberikan sejumlah tips kepada manajemen sekolah, khususnya para guru dengan memberikan simulasi dan contoh konten pembelajaran disertai cara penyampaian yang mengasyikkan.

Turut hadir dalam acara ini adalah Ibu Mutiningsih, M.Pd. sebagai Widiyaprada dan Bapak Pepi Triminur Haryanto, S.H. sebagai Analis Pelaksanaan Kurikulum. Baik Ibu Mutiningsih dan Bapak Pepi juga berpesan akan pentingnya kesiapan sekolah dalam segala hal, seperti kesiapan sarana dan prasarana, model pembelajaran yang dihadirkan untuk peserta didik, hingga kemudahan akses pembelajaran.

Kemdikbud melalui Direktorat PAUD memberikan apresiasi kepada Al Irsyad Karawang sebagai sekolah teladan yang menerapkan konsep belajar dari rumah (BDR) yang menakjubkan. Ini juga didukung dengan pernyataan Dinas Pendidikan yang memilih Al Irsyad sebagai sekolah percontohan dalam menyosialisasikan kesiapan bersekolah. “Dinas Pendidikan Karawang memilih Al Irsyad sebagai tuan rumah program kesiapan bersekolah,” ungkap Ustazah Nery, Kepala TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.

Lebih lanjut, Al Irsyad terus memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Bahkan, dalam momen Penerimaan Siswa Baru (PSB), Al Irsyad memberikan kesempatan besar untuk calon-calon peserta didik untuk menjadi generasi Rabbani dengan berbagai keuntungan mendaftar di Gelombang 1 Tahap 1. Daftar sekarang! Keuntungan Jangka Panjang.

Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT