Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Siapkan SDM Berkualitas, Al Irsyad Gelar On the Job Training

Sabtu, 14 Nopember 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 91 Kali

ALISKANEWS (IR),-

Untuk mencetak generasi Rabbani, diperlukan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang setiap tahun menyelenggarakan pembekalan untuk pegawai baru melalui program On the Job Training (OJT). Di masa pandemi, skema OJT disesuaikan dengan adaptasi protokol COVID- 19. Hari ini adalah puncak agenda OJT, yaitu penilaian akhir  “On the Job Training”  pada Sabtu (14-11-2020).

Bertempat di gedung aula Sky Bridge, sebanyak 44 peserta yang terdiri atas para guru dan staf  (pegawai baru) mengikuti penilaian akhir OJT dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebelumnya, para pegawai baru tersebut telah mengikuti serangkaian pembekalan OJT sejak Agustus hingga awal November 2020.

Acara yang digelar dari pukul 07.15 sampai 11.30 ini dibuka dengan arahan dari Ustadzah Mamik, Ka Bid Personalia Al Irsyad.  “OJT merupakan bentuk penjaminan mutu lembaga agar para SDM yang awalnya berasal dari latar belakang yang berbeda memahami ciri khas Al Irsyad, mulai dari visi dan misi, mabadi, kurikulum, hingga tugas dan tanggung jawabnya,” ungkap Ustadzah Mamik.

Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa kegiatan OJT terdiri atas In Service Learning yang digelar dua kali, yakni In Service Learning 1 dan In Service Learning 2. In Service Learning 1 adalah pembekalan tentang wawasan pendidikan secara umum dan konsep pendidikan secara khusus yang diterapkan, yaitu kurikulum khas Al Irsyad yang meliputi pendidikan adab, PAI, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta Alqur’an. Selain wawasan pendidikan, peserta OJT juga dibekali dengan materi kelembagaan seperti mabadi Al Irsyad, aturan kepegawaian, struktur organisasi, visi dan misi, value lembaga, dan system kerja yang ada  di lingkungan Al Irsyad. Untuk pembekalan dan peningkatan kompetensi, seluruh peserta praktik langsung sesuai bidang kerjanya melalui workshop.

Pembekalan In service 1 sukses digelar pada Agustus lalu. Selanjutnya, para peserta meng-upgrade diri sesuai bidang kerjanya dengan bimbingan dan arahan dari kepala sekolah atau atasannya langsung. Peserta menjalankan amanah sesuai bidangnya, mulai dari unit Little Al Irsyad, TKIT, SDIT, SMPIT, SMA Islam Teladan, hingga LPP.

Sebagai penilaian akhir, peserta menyusun laporan tentang tugas yang telah dilaksanakan serta upgrade diri yang telah dijalankan. Puncaknya, pada 14 November 2020, para peserta OJT mengikuti serangkaian penilaian, mulai dari presentasi, ujian tahsin dan tahfidz, serta praktik ibadah.

Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tetap menerapkan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Adapun para penguji terdiri dari Ketua Harian, Kepala Biro, Kepala Bidang, dan Kepala Sekolah.

Kegiatan ini diharapkan menjadi penguat untuk menyiapkan SDM yang berkualitas, terutama para guru dan staf yang JUJUR, Berakhlakul Karimah, dan Berprestasi yang siap memberikan pendidikan dan pendampingan kepada siswa di setiap jenjangnya. Salah seorang peserta, yakni Ustaz Hadi (guru Bahasa Inggris SDIT) mengungkapkan kesan dan pesannya selama mengikuti OJT hingga penilaian akhir OJT. “OJT ini sangat  luar biasa karena para pegawai baru disiapkan untuk mengajar dan bekerja secara baik. Kami pun merasa terkonsep sehingga siap menjadi sumber daya manusia yang unggul dalam mencetak generasi Rabbani,” ungkapnya.

Al Irsyad terus berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan bermutu bagi para siswa. Salah satunya adalah menyiapkan tenaga pendidik yang berkompeten di bidangnya. Bahkan, Al Irsyad senantiasa meng-update kemampuan semua manajemennya dengan program-program unggulan yang menarik.

Dalam masa pandemi, Al Irsyad terus memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Bahkan, dalam momen Penerimaan Siswa Baru (PSB), Al Irsyad memberikan kesempatan besar untuk calon peserta didik dengan perpanjangan masa PSB Gelombang 1 Tahap 1 yang berlaku hingga 26 November 2020. Sekolah? Al Iryad Aja.

 

Psbalirsyadalislamiyyahkarawang2021/2022 Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan Layananberkualitas

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT