Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Al Irsyad Peduli Bencana Tanah Air

Selasa, 16 Februari 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 102 Kali

Dalam beberapa pekan terakhir, bencana datang silih berganti menerpa tanah air. Mulai dari musibah Banjir di Kalimantan Selatan, Gempa di Sulawesi Barat, Tanah Longsor di Sumedang, hingga Banjir yang menerjang beberapa daerah di Kabupaten Karawang. Musibah ini setidaknya menimbulkan dampak bagi para korban bencana alam tersebut. Setelah bencana menerpa, rumah-rumah warga porak-poranda, jalanan banyak yang amblas, hingga mereka harus kehilangan barang-barang berharga di rumahnya.

Untuk meringankan hal tersebut, peran serta masyarakat serta lembaga terkait amat penting dalam memulihkan kondisi pasca bencana tersebut. Langkah besar ini turut dijalankan Al Irsyad sebagai lembaga terdepan untuk senantiasa bermaslahat bagi masyarakat. Buktinya, kolaborasi kemanusiaan tersebut diwujudkan dengan aksi penggalangan dana yang dilakukan Pimpinan Cabang Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang yang bekerja sama dengan DKM Masjid Al-Ikhlas Al Irsyad, Pemuda IPMAL (Alumni Al-Irsyad), Lajnah Pendidikan dan Pengajaran serta Lajnah Sosial Ekonomi. Kolaborasi ini turut bekerja sama dengan Laznas Al Irysad untuk penyaluran bantuan kepada para korban bencana di luar provinsi Jawa Barat. 

Aksi penggalangan dana tersebut sudah dimulai sejak Januari lalu yang berlangsung hingga kini. Posko penggalangan juga turut didirikan di depan Masjid Al-Ikhlas Al Irsyad untuk mengakomodasi masyarakat yang hendak berdonasi. “Kami sediakan posko penggalangan dana untuk para korban bencana untuk memudahkan masyarakat menyalurkan bantuan. Selain itu, program penggalangan ini juga sudah terkoordinasikan ke setiap unit pendidikan di Al Irsyad melalui Kepala Unit masing-masing, mulai dari Little Al Irsyad, TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan,” ujar Ustadz Kandie selaku panitia sekaligus Ka Biro Pendidikan Al Irsyad.

Menurutnya, aksi semacam ini sudah secara rutin dilakukan Al Irsyad saat terjadi bencana di tanah air. Hasil dari penggalangan ini dilaporkan secara pekanan secara tertulis dan disiarkan saat pelaksanaan solat Jumat.

“Alhamdulillah. Distribusi bantuan dari seluruh komponen masyarakat di Al Irsyad sudah mulai terdistribusikan kepada seluruh korban bencana secara bertahap. Di hari pertama, bantuan didistribusikan ke  wilayah lingkungan Al Irsyad, yakni sekitar Area Perumahan Karawang Indah. Kemudian, secara bertahap distribusi dilakukan di beberapa daerah lainnya di Kabupaten Karawang yang terdampak banjir seperti di Dawuan Cikampek dan Teluk Jambe,” pungkasnya. 

Gerakan ini sebagai wujud kepedulian social yang menginspirasi institusi lembaga pendidikan lainnya untuk turut berkontribusi dalam meringankan musibah para saudara kita. Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat”. Salurkan donasi Anda ke Lajnah Sosial Ekonomi Al Irsyad Karawang dengan cara transfer ke rekening Bank Mandiri Syariah (kode bank 451) 714 2476996 a.n. PC Al Irsyad Al Islamiyyah dan konfirmasi ke Ustadz Jajang (089501946065).

 

Psbalirsyadalislamiyyahkarawang2021/2022 Alirsyadalislamiyyahkarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahterbaikdikarawang Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan
  1. TULISAN TERKAIT