Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Al Irsyad Cetak Rekor Juarai Beragam Lomba Nasional dan Internasional  

Selasa, 09 Maret 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 70 Kali

“Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan dalam Akhlak dan Prestasi serta Menjadi Teladan bagi Lembaga Lain” adalah visi Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dalam membangun peradaban, khususnya di dunia pendidikan. Bukti nyata kontribusi Al Irsyad di dunia pendidikan terlihat dari rekor prestasi yang ditorehkan selama tahun 2020 hingga awal tahun 2021. Para siswa Al Irsyad tercatat sebagai juara dalam berbagai bidang lomba, baik ditingkat Nasional maupun Internasional mulai dari santri TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan.

“Hingga 8 Maret 2021, tercatat ada 152 kejuaraan yang diraih Al Irsyad. Di antaranya adalah 31 prestasi unit TK dengan juara di 2 kejuaraan tingkat Kabupaten dan juara di 29 kejuaraan tingkat Nasional; 92 prestasi unit SDIT dengan menjuarai 1 kejuaraan tingkat Kabupaten, juara di 87 kejuaraan tingkat Nasional dan juara dalam 4 ajang berskala Internasional; 25 prestasi unit SMPIT dengan juara di 23 kejuaraan, yakni 23 prestasi di tingkat Nasional dan juara di 2 event Internasional; serta unit SMA-IT yang menjuarai 4 kejuaraan di tingkat Nasional,” ujar Ustadzah Iska selaku Ka Bid Binpres.

Meski di masa pandemi, para santri Al Irsyad terus berprestasi. Faktanya. baru-baru ini, para santri Al Irsyad kembali menorehkan prestasi bergengsi di berbagai kancah Nasional dan Internasional. Di unit TKIT Al Irsyad, para santri sejak dini telah menunjukkan mental juaranya. Dalam ajang  Excellent  Anniversary Competition, Sabina Ayunda Pramesti dari TK B Al Ankabut berhasil menjadi juara 2, Alifa Nahwa Ramadhani dari TK B Al Ankabut menjadi juara 3, dan Gavyn Abqary Mahardika dari kelas TK A Nasya menjadi juara 2. Kemudian, dalam Olimpiade Online Tingkat Nasional, Rajwa Syahidah Al Faruqi dari TK B Al Ankabut berhasil menjadi juara 1. Tidak berhenti di situ, TKIT Al Irsyad kembali mengukir prestasi dalam Genius student Competition atas nama Langit Ghaniyy Mekka Putra dari TK B Al Ankabut yang meraih juara 2 dan juara 3. Sementara itu, dalam ajang Open House Virtual SDIT Mentari Ilmu Karawang, Salsabila Nadhifa Hamdi dari TK B An Naml menjadi juara 2.

Selanjutnya dalam ajang Festivale Siswa Berprestasi, Hilmy Fathurrizal Aswab dari TK A Muma menjadi juara 3. Dahsyatnya, para santri TKIT Al Irsyad kembali berprestasi dalam Kompetisi Pelajar Nasional atas nama Hilmy Fathurrizal Aswab yang menjadi juara 2 dan Rajwa Syahidah Al Faruqi dari TK B Al Adiyat sebagai juara 3. Puncaknya, pada event We are the champions, Kaysha Azzalfa Ramadhani dari TK B An Naml menjadi juara 3, Gavyn Abqary Mahardika dari TK A Nasya menjadi juara 3, dan Zafira Atiya Rahman dari TK B An Nahl yang meraih juara 1.

Berbagai prestasi yang ditorehkan para santri Al Irsyad tidak terlepas dari peran serta para guru TK Al Irsyad, terutama para guru yang diamanahkan sebagai Pembina Kelas Bina Prestasi. Salah satunya adalah Ustadzah Napsiah. Saat ditanya “Bagaimana kiat membimbing anak-anak Binpres sehingga bisa menjuarai berbagai lomba, khususnya yang Anda bimbing?” Beliau menjawab, “Dengan latihan yang intensif fokus dan terarah melalui pembudayaan, pembiasaan dan contoh. kontroling melalui murajaah dan hafalan saat berlatih. membekali santri sebelum mengikuti lomba dengan latihan yang rutin, memberikan informasi yang jelas kepada wali santri tentang teknik dan aturan lomba yang akan diikuti oleh santri. Juga peran aktif sekolah dalam memberikan info-info lomba bagi santri dan PJ.”

Adapun prestasi yang ditorehkan SDIT Al Irsyad begitu cemerlang. Dalam event Edu Brain Indonesia,  Kayyisa Rizky Azizia (Icha) berhasil meraih dua gelar bergensi dalam dua ajang kompetisi. Kayyisa berhasil mencatatkan namanya kembali di babak final Jagoan Matematika Nasional (Edu Brain Indonesia) dengan menjadi juara 1 dalam ajang tersebut. Di ajang Kompetisi Mata Pelajaran (Sun Flower), Kayyisa sukses memborong tiga kategori bergengsi lainnya. Ia tercatat meraih Juara 1 Bahasa Inggris, Juara 2 Matematika, dan Juara 4 Sains. Sementara itu, dalam event SEAMO 2021, Alya Az Zahra Qithrotunnada  dari Kelas 2 Salman Al-Farisi berhasil menjuarai olimpiade matematika internasional tersebut.

Selanjutnya, dalam Olimpiade Sains Internasional, Hongkong atau HKISO (Hongkong International Science Olympiad), SDIT Al Irsyad meraih Gold Medal oleh Shawqi Zhafirun Hayyan dari kelas 5 Al-Kindi, Silver Medal oleh Nisa Azkiya Hidayat dari kelas  5 Ibnu Sina, dan Merit Award oleh Kenzie Rigen Prabowo dari kelas 3 Ar-Rahman.

Prestasi gemilang SDIT Al Irsyad ini tidak terlepas dari peran serta para Pembina Kelas Binpres. Salah satunya adalah Ustadz Ridwan. Beliau menjelaskan bahwa dirinya dan guru-guru Binpres lainnya selalu menekankan untuk memahami konsep dan mencermati setiap pertanyaan yang muncul dengan baik. “Saya selalu menanamkan kepada para santri Binpres Matematika level bawah untuk bersungguh-sungguh agar berhasil meraih tujuan. Intensitas waktu dan kesungguhan dalam pembelajaranlah yang membedakannya dengan sekolah yang lain,” ujarnya.

Ternyata, kesuksesan ini juga tidak terlepas dari support yang luarbiasa juga dari para wali santri. “Ini adalah sinergi yang sangat bagus sehingga menjadi pembelajaran yang efektif, Guru kreatif-siswa aktif-orangtua responsive maka pembelajaran pun sukses”, pungkasnya. Dahsyatnya program Binpres Al Irsyad juga turut dirasakan oleh orang tua siswa/wali santri. Salah satunya mengemuka dari pengakuan wali santri SDIT Al Irsyad, Pak Dasep Subana sebagai orang tua Alya. “Manfaat Bina Prestasi jelas membantu dan bisa mewadahi untuk menjadikan Alya bisa berkembang. Alya sudah mandiri dan mampu mengerjakan soal secara baik,” ujar beliau.

Selanjutnya, dalam ajang HKISO, SMPIT Al Irsyad juga menorehkan prestasi luar biasa. Ada 6 santri yang sukses menjadi juara dalam event tersebut. Refica Raya Syaharani dari kelas 7 Sevilla meraih Silver Award, Ariadne Delphina Chestralova dari kelas 8 Tunisia meraih Bronze Award, Alisya Suci Nur Wiyanti dari kelas 9 Alexandria meraih Bronze Award, Haris Abdirrohman dari kelas 7 Damaskus meraih Merit Award, Muhammad Haikal Nugraha dari kelas 8 Syam meraih Silver Award, dam Nayyara Izza Nabila dari kelas 9 Hijaz meraih Bronze Award.

Kesuksesan ini juga tidak lepas dari kontribusi para guru Binpres di SMPIT Al Irsyad. Salah satunya adalah Ustadz Dendy. Beliau menerangkan bahwa semua prestasi yang diraih tidak lepas dari hasil usaha dan doa dari anak-anak yang berlomba. “Sebagai guru dan pembimbing, kami segenap tim Binpres hanya memberikan dukungan dan motivasi kepada mereka. Untuk menjuarai lomba adalah nomor sekian, yang terpenting adalah pengalaman yg didapat. Sebab, pelaut hebat tidak datang dari laut yang tenang, tetapi dari laut yang banyak ombak dan badai”, ujar Ustadz Dendy.

Sebagai sekolah yang berkelanjutan, unit SMA Islam Teladan Al Irsyad juga meraih prestasi yang membanggakan. Dalam Olimpiade Numerasi Literasi Indonesia (ONLI), Nisrina Kurniati dari kelas X IPA Hagia Sophia sukses meraih Silver Award di ajang tersebut. Sementara itu, dalam ISSO 3 (Indonesia Students Science Olympiad) kategori Olimpiade Fisika tingkat Nasional. 3 siswa SMA-IT sukses mendominasi ajang tersebut. Muhammad Zaidan Alifulhaq dari kelas X IPA Al Aqsho berhasil meraih Gold Medal, Azka Syahril Ramadhan dari kelas X IPA Al Aqsho dan Nabeel Pasha Luthfi dari kelas X IPA Al Aqsho meraih Silver Award.

Prestasi membanggakan ini menjadi bekal berharga bagi para siswa SMA Islam Teladan yang kini duduk di kelas 10 dalam mempersiapkan dirinya untuk sukses seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN), khususnya dengan jalur undangan seperti SNMPTN ataupun jenis talent scouting anak-anak berprestasi. Dari manakah kesuksesan ini berasal? Tentu, peran penting para guru SMA Islam Teladan, khususnya para Pembina Binpres dalam membimbing. Ini terungkap dari pernyataan Ustadzah Vip selaku PJ Binpres SMA, Beliau mengatakan bahwa dirinya banyak memotivasi dan terus memberikan semangat kepada anak-anak Binpres.

Hal senada didapat dari jawaban langsung Pembina Binpres cabang Fisika di SMA Islam Teladan, yakni Ustadzah Vidyawati. Beliau menjelaskan bagaimana dirinya dalam membimbing anak-anak Binpres sehingga menjadi juara dalam ajang bergengsi tersebut. “Saya senantiasa membimbing anak-anak dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri siswa, memahamkan konsep dengan baik, serta  banyak berlatih dengan membedah soal-soal HOTS Olimpiade untuk menemukan tips dan triknya,” ujar beliau.  

Seluruh siswa Al Irsyad, baik itu santri TKIT, SDIT, SMPIT, maupun SMA-IT tersebut telah bersaing dengan berbagai sekolah unggulan di Indonesia ataupun bersaing dengan negara-negara lain di dunia, terutama untuk unit SDIT dan SMPIT yang sudah sukses ke tingkat Internasional. “Keberhasilan ini tak terlepas dari peran serta program Bina Prestasi (Binpres) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pengajaran Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang guna melejitkan prestasi anak didiknya di berbagai kompetisi nasional dan internasional,” ujar ustadzah Iska

Program Binpres sudah dikawal secara baik dan terstruktur untuk semua unit, mulai dari Little Al Irsyad (LA), TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan. “Ke depannya, Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang akan terus berkontribusi untuk menciptakan generasi Rabbani dan menginspirasi dunia pendidikan Indonesia” pungkasnya. 

Ingin merasakan dahsyatnya manfaat program Binpres Al Irsyad? Segera bergabung dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) Gelombang 2 Al Irsyad. Sekolah? Al Irsyad Aja!

Daftar LA klik di sini
Daftar TKIT klik di sini
Daftar SDIT klik di sini
Daftar SMPIT klik di sini
Daftar SMA-IT klik di sini

 *Berita ini juga tayang di Radar Karawang, 09 Maret 2021 dengan penyesuaian jumlah karakter

Psbalirsyadalislamiyyahkarawang2021/2022 Alirsyadalislamiyyahkarawang Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT