Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Jalan Mudah Terampil Berbahasa Inggris Bersama Al Irsyad

Rabu, 31 Maret 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 90 Kali

Menjawab tantangan pembelajaran abad 21 dan revolusi industri 4.0, lembaga pedidikan harus mempersiapkan skill peserta didik dalam menguasai bahasa asing. Salah satunya adalah bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Pembelajaran bahasa Inggris saat ini umumnya belum mampu menjadikan siswa terampil atau bahkan mahir. Pembelajaran masih terjebak pada hafalan semata. Hal ini berbeda dengan apa yang diterapkan di Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.

Hanya Al Irsyad Karawang, sekolah yang memiliki pembiasaan bahasa Inggris yang berkelanjutan. Ini dibuktikan dengan adanya program berbahasa Inggris berkelanjutan dari jenjang Little Al Irsyad, TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan. Program ini dikawal oleh Kepala Bidang Bahasa Inggris, Ustadzah Uum Khumaeroh, M.Pd. Dengan adanya pengawalan dari manajemen, setiap program bahasa Inggris memberikan dampak besar bagi kemahiran para siswa Al Irsyad. Bahkan, bukti keseriusan lainnya ditunjukkan dengan adanya pelatihan untuk seluruh pegawai, khususnya guru bahasa Inggris.

Dengan mengusung “English as Speaking Culture in Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang”, semua program yang menunjang terciptanya budaya berbahasa Inggris ditopang dengan berbagai fasilitas yang memadai. Dalam setiap pekannya, seluruh guru dan manajemen dibekali kemahiran berbahasa Inggris praktis dengan adanya program “Talking with Me” yang dilaksanakan oleh semua unit, mulai dari LA, TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan. Pembiasaan ini memberikan dampak besar bagi kesiapan seluruh SDM Al Irsyad untuk bersiap menjadi sekolah berskala Internasional. Kesiapan SDM ditopang dengan kompetensi para guru Bahasa Inggris yang diseleksi dan dilakukan pembinaan secara terstruktur.  

Para guru Bahasa Inggris dibekali dengan berbagai rangkaian pelatihan berkala. Hal Ini diwujudkan dengan pelatihan pembelajaran bahasa Inggris bersama Mr. Fathi Bawazier. seorang Entrepreuneur, Pembicara Seminar, dan Penulis buku Lost in the USA (fathibawazier.com). “Tujuan pelatihan ini adalah pendampingan guru Bahasa Inggris dengan kegiatan pembinaan kompetensi. Para guru diberikan upgrading dalam keterampilan structure atau grammar dan kebutuhan praktis lainnya dalam pembelajaran bahasa Inggris, seperti unsur budaya dan metode ajarnya," ujar Ustazah Uum.

Dalam menunjang keberlanjutan prestasi Al Irsyad di bidang bahasa Inggris, baru-baru ini Al Irsyad sukses menggelar program “Native Speaker Visit” untuk jenjang SMPIT pada Rabu (24/3) dan SMA Islam Teladan  pada Sabtu (27/3) via Zoom. Acara ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, terutama keterampilan “speaking” dan “listening“ melalui kegiatan praktik langsung dengan penutur asli bahasa Inggris (English native speaker). Program ini sudah diterapkan di jenjang SDIT Al Irsyad hingga SMA Islam Teladan.

“Program Native Speaker di SMPIT Al Irsyad mengusung tema "Harnessing English for a Better Future". Tema ini mengangkat isu bagaimana memanfaatkan bahasa Inggris untuk masa depan yang lebih baik. Intinya, belajar bahasa Inggris merupakan kebutuhan untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan di zaman 4.0,” ujar Ustadzah Uum.

Pencerdasan yang baik ini turut berlanjut hingga jenjang SMA Islam Teladan. Sama halnya dengan SMPIT, Native Speaker yang diundang adalah Sajjad Daood Ali, seorang penyanyi pop religi Islam blasteran Amerika Serikat dan Swedia yang juga berprosesi sebagai English Teacher yang berdakwah melalui pendidikan dan musik. Mengusung tema "Explore the World with English", para siswa Al Irsyad dibekali dengan bekal yang sangat dahsyat. Mereka memahami bagaimana kiat untuk menciptakan kegiatan berkelanjutan sampai membentuk habit 'kebiasaan' sehingga dapat menciptakan lingkungan berbahasa Inggris untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris. “Target program Native Speaker ini adalah diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik dengan memberikan kesempatan siswa/siswi berinteraksi secara langsung dengan penutur asli untuk meningkatkan keterampilan listening dan speaking siswa,” pungkasnya.

Dalam waktu dekat, acara Native Speaker ini juga akan digelar untuk unit SDIT, yakni tanggal 31 Maret dan empat kali di bulan April (tanggal 7, 8, dan 9). Keberlanjutan program berbahasa Inggris ini juga tidak terlepas dari misi pendidikan yang diusung Al Irsyad sebagai lembaga dakwah pendidikan terdepan dalam akhlak dan prestasi serta menjadi teladan bagi lembaga lain. Masih banyak program unggulan lainnya dalam membentuk mentalitas siswa Al Irsyad yang juara, berprestasi, dan berakhlakul karimah.

Tidak hanya berprestasi di bidang akademik dan Al-Qur’an, Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang juga turut berkontribusi sebagai garda terdepan program peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Terbukti dengan adanya prestasi baik itu dalam ajang Olimpiade ataupun kontes bakat berbahasa Inggris lainnya. Selain itu pemenuhan infrastruktur yang terus ditingkatkan dengan fasilitas terbaik, sinergi antara sekolah dengan santri atau wali santri juga terus ditingkatkan untuk memberikan layanan pendidikan terbaik dan terus bersinergi dalam mewujudkan mutu pendidikan.

“Masih terbuka kesempatan besar bagi masyarakat untuk bergabung bersama Al Irsyad. Kabar gembiranya adalah program PSB Gelombang 2 Tahap 2 resmi dibuka. Manfaatkan berbagai keunggulan Al Irsyad dengan berbagai kemudahan. Mulai dari diskon biaya pengembangan 15% bagi pendaftar Little Al Irsyad dan TKIT Al Irsyad, diskon 50% biaya pengembangan bagi pendaftar SMA Islam Teladan, hingga kesempatan besar beasiswa pendidikan untuk SMPIT dan SMA Islam Teladan senilai lebih dari 50 Juta. Sekolah? Al Irsyad Aja!” ujar Ustadz Iwan, staf Humas Al Irsyad. 

 *Berita ini terbit di Radar Karawang, 31 Maret 2021

 

 

 

 

Psbalirsyadalislamiyyahkarawang2021/2022 Alirsyadalislamiyyahkarawang Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT