Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Al Irsyad Siapkan Kurikulum Terintegrasi IPA dan Matematika

Sabtu, 03 April 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 23 Kali

Sebagai lembaga pendidikan yang berkelanjutan, Al Irsyad  Al Islamiyyah Karawang telah mengembangkan konsep kurikulum terintegrasiuntuk merespons kebutuhan dunia pendidikan yang menekankan pengembangan pembelajaran kontekstual yang mengasah pernalaran kritis peserta didik. Hal ini sejalan dengan arah pendidikan dalam menyukseskan kemampuan Literasi, Sains, dan Numerasi dalam AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Kebutuhan ini disiapkan dengan baik oleh Al Irsyad dengan mengadakan Pelatihan dan Workshop Kurikulum pada Sabtu (3 April 2021).

Bertempat di aula Sky Bridge Al Irsyad, pelatihan dan workshop ini turut menghadirkan pembicara ternama dari Penerbit Erlangga, yakni Dr. Sudayat, M.Pd. Acara ini dimulai dari pukul 08..00 s.d. 15.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pelatihan bertema “Pengembangan Kurikulum Integrasi IPA dan Matematika” ini dibuka oleh Ketua Harian LPP Al Irsyad, Ustadz Zen. Dalam sambutannya,  beliau menyampaikan visi besar Al Irsyad sebagai lembaga terdepan dalam akhlak dan prestasi sudah siap dengan adanya kurikulum berkelanjutan dari jenjang usia dini hingga menengah atas. Baik itu di Little Al Irsyad, TKIT, SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan.

Pernyataan ini sejalan dengan target pelatihan sebagaimana yang disampaikan Ustaz Kandi selaku Ka Biro Pendidikan. “Pelatihan ini akan berkelanjutan untuk menyiapkan kurikulum terintegrasi antara Sains (IPA) dan Matematika. Ini sebagai jalan kemudahan untuk kebutuhan pendidikan di era global,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, pembicara menyampaikan urutan materi pelatihan yang turut menunjang satu sama lain. Pelatihan kali ini lebih dititikberatkan pada keberhasilan menyusun kurikulum terintegrasi IPA dan Matematika secara kesesuaian kompetensi dasar.

Para peserta yang berasal dari guru-guru IPA dan MTK dari jenjang SDIT, SMPIT, hingga SMA Islam Teladan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Semua peserta bersemangat dalam menyusun kurikulum terintegrasi sesuai jenjang dan level yang diampunya.

Semua kurikulum disusun dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) terbaru dalam  Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Dalam peraturan terbaru ini dibahas bagaimana kruikulum bertujuan untuk meningkatkan empat kompetensi, yakni (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Keempat kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Pembicara memandu para guru terampil menyusun kurikulum terintegrasi yang ideal yang tentu memuat nilai-nilai kebaikan Al Irsyad. Pembicara berhasil memberikan pemahaman kepada para guru untuk meninggalkan model pembelajaran yang menjenuhkan yang cenderung mendikte siswa. “Saat ini, kita memerlukan pembelajaran kontekstual yang dekat dengan kehidupan peserta didik. Inilah mengapa workshop kurikulum terintegrasi begitu penting,” ujarnya. 

Di era pendidikan masa pandemi, peran kurikulum sekolah menjadi sangat krusial dalam mengembangkan kemampuan peserta didik sebagai generasi masa depan bangsa. Ini tentu tersistem dengan baik dalam kurikulum pendidikan Al Irsyad yang mengombinasikan Kurikulum Dinas dengan Kurikulum Khas Al Irsyad. Kurikulum yang mengedepankan adab siswa, baik itu melalui Kurikulum PAI dan Kurikulum Al-Qur’an, menjadi keunggulan Al Irsyad dalam mencetak generasi Rabbani yang jujur, berprestasi, dan berakhlakul karimah.

Masih bingung memilih sekolah berkelanjutan yang memiliki kurikulum terintegrasi? Pilih sekolah terbaik di karawang, yakni Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Dapatkan manfaat besar penerimaan siswa baru (PSB) Gelombang 2 Tahap 2 untuk jenjang Little Al Irsyad, TKIT, SDIT, SMPIT, dan SMA Islam Teladan dengan berbagai program unggulan. Sekolah? Al Irsyad Aja!

 

Psbalirsyadalislamiyyahkarawang2021/2022 Alirsyadalislamiyyahkarawang Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahjuara Sekolahramahanak Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT