Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Perkuat Pendidikan Karakter, Al Irsyad Hadirkan Workshop dan Bedah Buku

Selasa, 28 Desember 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 408 Kali

Setelah menutup pembelajaran semester satu tahun ajaran 2021/2022 dengan baik, Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang menghadirkan penguatan pendidikan karakter bagi SDM-nya melalui kegiatan Pelatihan SDM. Pelatihan SDM itu diwujudkan melalui Workshop dan Bedah Buku “Metode Rasulullah dalam Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an” bersama Ustadz Dr. Achmad Rofi’I, Lc., M.M.Pd.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sky Bridge Al Irsyad dan diikuti oleh para manajemen, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Acara ini diinisiasi Biro Kurikulum Umum bersama Biro Kurikulum Khas Al Irsyad dengan kolaborasi bidang PSDM untuk memperkuat motivasi SDM dalam meningkatkan pelayanan pembelajaran di semester depan.

Hal itu diperkuat dengan adanya kegiatan Workshop dan Bedah Buku tentang bagaimana metode Rasulullah dalam mengembangkan kemampuan bakat dan minat peserta didik yang sesuai dengan fitrahnya sebagai seorang makhluk yang istimewa.

Buku yang dihadirkan ini merupakan hasil dari disertasi Dr. Achmad Rofi’I, Lc., M.M.Pd, Mudir’Am Ponpes Al Ittishom Klari yang aktif dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui metode Rasulullah. Beliau merupakan lulusan S-3 Ilmu Al-Qur’an PTIQ Jakarta sekaligus tergabung dalam MIUMI (Majlis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia) dan MPUII (Majlis Permusyawaratan Umat Islam Indonesia).

Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan Bedah Buku dengan pemaparan langsung dari Ustadz Achmad tentang landasan lahirnya buku Metode Rasulullah dalam Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an. “Buku ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan karakter yang berlandaskan suri teladan dari Nabi Muhammad saw. di era global agar nilai-nilai keislaman dalam dunia pendidikan tetap terjaga,” ujar Ustadz Achmad saat membuka pemaparannya.

Dalam buku ini terungkap tentang bagaimana Rasulullah saw. dalam menghadirkan pendidikan karakter yang islami. Ustadz Achmad menemukan adanya metode yang dihasilkan Rasulullah saw. saat mendidik dan mengajar para sahabat dengan minimal 13 jenis karakter.

Ketiga belas jenis karakter ini di antaranya karakter Imaniyah, karakter Ruhiyah, karakter Khuluqiyah, karakter Fikriyah/'Aqliyah, karakter Atifiyah, karakter Bi'iyah, karakter Idariyah, karakter Ijtima'iyah, karakter Jamaliyah, karakter Jismiyah, karakter Lughawiyah, karakter Mihaniyah dan karakter Askariyah. Semua jenis karakter ini dilandasi dengan  menggunakan tidak kurang dari 111 metode yang diimplementasikan melalui lima fase penting yaitu: 1) fase persiapan, 2) fase penanaman, 3) fase penumbuhan, 4) fase pengembangan, dan 5) fase penjagaan.

Melalui buku ini, beliau membawa semangat untuk membangun peradaban yang lebih baik. “Mari kita jadikan para peserta didik kita sebagai seseorang makhluk yang merasai dirinya sebagai hamba Allah. Pendidikan tak hanya diperankan kita sebagai guru, tetapi juga oleh orang tua di rumah,” tambahnya usai sesi tanya jawab.

Dengan mengenal fase pendidikan seorang muslim, hal ini akan mempermudah para guru dan seluruh komponen pendidikan memahami tentang pendidikan seperti apa yang seharusnya dijalankan di setiap tumbuh kembang anak sesuai anjuran dan tuntunan Islam. “Pendidikan karakter/akhlak harus bertumpu pada nilai-nilai yang diajarkan Islam. Pendidikan Islam di lembaga pendidikan seperti Al Irsyad ini harus menjadi garda terdepan dalam mencetak generasi Rabbani,” pungkasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan panduan ringkas tentang bagaimana menyusun kurikulum pendidikan yang berlandaskan metode pendidikan Rasulullah saw. dan bagaimana implementasinya bagi lembaga pendidikan. Dengan adanya kegiatan ini para SDM Al Irsyad sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan.

 

 

 

 

Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ali Rahmat

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ…

Selengkapnya