Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Mukhoyam Al-Qur’an Al Irsyad Perkuat Kompetensi Para Guru Al-Qur’an

Jum'at, 18 Juni 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 793 Kali

Berbagai upaya dilakukan Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang demi terciptanya pendidikan yang berkualitas. Salah satu upayanya adalah menggelar berbagai pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Pandemi tak menjadi penghalang untuk terus meningkatkan kompetensi. Semangat inilah yang diusung Al Irsyad dalam memperkuat kemampuan semua SDM, khususnya para pendidik dalam memberikan pembelajaran terbaik selama pandemi.

Semangat ini pula yang melandasi terselenggaranya Mukhoyam Al-Qur’an tahun ajaran 2020-2021 pada Kamis dan Jumat (10 dan 11 Juni 2021). Acara spesial bagi para guru Al-Qur’an ini merupakan program pamungkas dari Ka Bid. Al-Qur;an, Ustadz Asep Zakaria. Acara bertema "Semangat Meraih Ahlul Qur'an dengan Mukhoyam Al-Qur'an" turut mengundang Syekh Khanova Maulana, Lc., Alhafiz dengan berbagai karya tulis dan terwarisi beberapa sanad Al-Qur'an.

Acara ini terbagi atas 3 sesi yang setiap acaranya digelar di Masjid Al-Ikhlas Al Irsyad. Sesi pertama digelar pada Kamis (10 Juni 2021) dari pukul 12.30 s.d. 15.00 WIB yang diisi dengan Tasmi dan Murojaah Hafalan.  Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, para guru Al-Qur’an dengan khidmat mengikuti setiap rangkaian acaranya sehingga semakin menambah semangat untuk semakin dekat dengan Al-Qur’an. Acara tasmi dipandu oleh Ustadz Imam Tawakal Alhafiz. Sementara itu, kegiatan setoran hafalan dilakukan untuk mengukur hafalan para guru Al-Qur’an dan mencari peserta terbaik yang konsisten dalam menjaga dan menambah hafalan.

Sesi 2 dan 3 digelar pada Jumat (11 Juni 2021) dari pukul 12.30 s.d. 17.30 WIB. Dalam sesi ini, dimulailah pematerian oleh Syekh Kanova. Turut hadir dalam acara ini perwakilan Ketua LPP Al Irsyad yang diwakilkan oleh Ketua Harian LPP. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Al Irsyad sudah tidak lagi berada di level yang berbeda dengan sekolah lain. “Kita terus meningkatkan wawasan dan kompetensi para gurunya, khususnya guru Al-Qur'an yang sudah mulai dikenalkan dengan sanad bacaan Al-Qur'an,” Ustadz Zen, Ketua Harian LPP.

Hal ini tidak terlepas dari inovasi program pendidikan yang dihadirkan Al Irsyad. "Kegiatan Mukhoyam ini bertujuan untuk memberikan penguatan guru-guru Al-Qur'an selama pendidikan masa pandemi," ujar Ka Bid. Al-Qur'an, Ustadz Asep Zakaria.  Penguatan ini semakin terlihat karena diisi oleh pendalaman materi oleh Syekh Kanova tentang Dauroh Sanad Al-Qur'an dan Dauroh Fashahatul Lisan.

Sebelum diberikan pelatihan, para guru Al-Qur’an secara konsisten mengikuti Tasmi Al-Qur'an dan Murojaah Hafalan Al-Qur'an. Setelah itu, pematerian pertama dimulai dengan Dauroh Sanad Al-Qur’an. Dalam kesempatan ini, para guru Al-Qur’an diberikan pemahaman mendasar tentang bagaimana riwayat sanad Al-Qur’an, baik itu sejarah maupun kondisinya sampai sekarang.

Wawasan penting ini turut ditunjang dengan materi Fashahatul Lisan untuk memperkuat kemampuan membaca para guru Al-Qur’an (TKIT, SDIT, SMPIT, dan SMA-IT) sebelum mengajarkannya kepada para santri. Dalam kesempatan ini, para guru Al-Qur’an diberikan simulasi dalam melafalkan huruf-huruf serta mengetahui titik kesalahan ucap dan cara mengucapkan huruf (makhorijul huruf) yang benar.

Kemampuan ini sangat penting untuk dikuasai agar proses pembelajaran Al-Qur’an khususnya dalam mengenalkan bacaan sesuai dengan makhorijul hurufnya dan selanjutnmya dapat membaca dan menghafal dengan tartil dan fasih. Al-Qur’an merupakan salah satu muatan keunggulan dari Kurikulum Khas. Kurkulum ini menjadi pembeda Al Irsyad sebagai sekolah terdepan dalam akhlak dan prestasi. Al Irsyad terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang mampu mencetak generasi Rabbani yang berprestasi, jujur, dan berakhlakul karimah. Ini turut terbukti dari reward lembaga kepada para guru Al-Qur’an yang berprestasi, baik itu reward hafalan terbanyak maupun hafalan tersertifikasi.

Al Irsyad akan terus menjadi sekolah aman yang ramah anak dan nyaman. Ini juga turut ditunjang dengan manfaat besar program PSB TA. 2021/2022 dengan adanya diskon 15% biaya pengembangan (LA dan TKIT), diskon 50% biaya pengembangan SMA Islam Teladan, dan kesempatan besar Beasiswa Pendidikan senilai lebih dari 50 Juta untuk calon santri SMPIT dan SMA-IT. Sekolah? Al Irsyad Aja!

 

*Dimuat Radar Karawang, 18 Juni 2021
Penulis: Iwan Ridwan
Editor: Ustazah Ina
Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahrumahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ali Rahmat

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ…

Selengkapnya